Langkah-langkah yang dipergunakan untuk membuat tabel

14 views

 

Sebelum kita mulai membuat tabel kita tentukan dulu tabel-tabel yang diperlukan beserta field-fieldnya. Misalkan kita mau membuat tabel barang maka field-field yang harus dipersiapkan adalah :

Table Barang

Beberapa langkah yang perlu dikerjakan dalam buat Tabel Barang yaitu seperti berikut :

1. Pada jendela database click Table.
2. Click 2 x create table in design view
3. Pada jendela table ketikan field-field table Barang bersama type datanya, janganlah lupa tetapkan Kode_Barang jadi Primary Key. seperti gambar berikut ini.
4. Tentukan File Save. Ketikan Nama Table, karna table ini terkait dengan Barang. Kita taruh dengan nama “ Tbl_Barang ”.
5. Table Barang telah usai di buat. tutup table untuk buat table-table yang lain.

Kalian ingin dapat buat tabelkan, cobalah buat tabel karyawan, Header_Penjualan serta detil penjualan dengan spesifikasi sebagi tersebut.

a. Table Karyawan taruh dgn nama Tbl_Karyawan
b. Table Header_Penjualan taruh dengan nama Tbl_H_Pjl
c. Table Detail_Penjualan taruh dengan nama Tbl_D_Pjl

Lalu isi Data pada table-table yang kita sudah di buat, langkahnya click 2 x table yang menginginkan kita isi, lalu isi data-datanya (langkah berisi sama dengan Excell) seperti berikut :

Baca Juga : Tutorial Excel

Query
Query yaitu ‘permintaan data’ kita berbentuk bhs usaha, untuk membuat data dalam tabel (-tabel) jadi satu info yang dapat dipahami. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan paling besar oleh customer yang dipunyai. Ia dapat berdasar pada satu table saja, atau pada dua/lebih tabel, maupun berdasar pada query yang sudah ada.

Apakah faedahnya Query?

Dengan Query kita bisa :

a. Menghadirkan data-data spesifik disuatu table, misalnya kita cuma menginginkan lihat data pada table barang yang kode barangnya “B001”
b. Menghadirkan data dari dua table atau lebih dengan prasyarat anatr table itu ada field yang terkait. Misalnya kita menginginkan lihat Nomor Faktur “F0001” itu siapa pemiliknya. Disini kita ambil data dari table Header Penjualan serta Table Karyawan, Jadi penghubungnya yaitu field NIK.
c. Bisa lakukan operasi perhitungan.

Tersebut tiga peranan paling utama query. Query umumnya dipakai jadi sumber data untuk Report. serta Form.