Inilah 5 Jenis Produk Tata Rambut Pria Yang Wajib Dimiliki

100 views

Sebelum kamu khawatir tentang produk rambut yang kamu gunakan, kamu harus lebih dulu memahami rambut kamu sendiri. Setiap batang rambut ditutupi lapisan yang membentuk kutikula.

Semakin banyak lapisan yang kamu punya, hal ini didasari oleh faktor-faktor seperti usia dan genetic.

Jadi semakin tebal rambut yang kamu punya, akan memudahkan kamu dalam mempertahankan tata rambut kamu. Berikut 5 jenis produk tata rambut pria yang wajib dimiliki,

Setiap folikel rambut mempunyai kelenjar sebaceous sendiri, yang fungsinya memompa minyak ke batang rambut, menjaganya agar tetap lembut dan lembab.

Rambut mudah kering, jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan memakai sampo berkualitas buruk. Jika kamu ingin tahu keadaan rambut kamu , cabutlah sehelai rambut kamu dan masukkanlah ke dalam air.

Lihatlah, jika rambut itu tenggelam, maka dapat dikatakan rambut kamu sedang rusak dan kering.

1. Wax
Bentuknya yang padat dan kental cocok digunakan untuk mempertajam tatanan rambut. Apalagi jika kamu ingin menata rambut agak berantakan atau acak-acakan seperti spike, akan tetapi tetap stylis, wax adalah pilihan yang sempurna.

Penggunaan wax juga cocok untuk hadirkan efek basah pada rambut.

Namun perlu diperhatikan bahwa wax terlalu berat untuk digunakan pada rambut yang terlalu panjang, halus, atau lemas. Wax juga agak sulit dibersihkan dari rambut meskipun sudah memakai shampoo.

2. Gel
Gel akan membuat rambut kaku. Sama dengan wax dan pomade, gel juga memiliki tingkat kekuatan dari yang biasa saja sampai gel yang paling kuat.

Biasanya digunakan pada rambut yang masih basah untuk menjaga rambut tetap rapid an mengkilap.

Gel yang baik memiliki resin yang bisa menciptakan dan mempertahankan minyak alami di kulit kepala yang menandakan tingkat kelembapan rambut.

3. Pomade
Produk satu ini membuat rambut kamu rapi, berkilau, dan lentur. Pomade hampir mirip seperti wax, tapi bentuk atau teksturnya lebih seperti krim dan lebih mudah untuk digunakan, Rekomendasi terbaik adalah Suavecito Pomade.

Pomade mengatur rambut yang sulit diatur dan menambah kelembutannya. Pomade membuat rambut lebih berkilau dibandingkan dengan wax. Secara umum pomade terbagi menjadi dua kategori utama :

a. Pomade waterbased atau pomade berbahan dasar air. Pomade waterbased dianggap lebih ramah bagi rambut.

Pomade jenis ini diciptakan agar rambut tidak berminyak namun tetap mendapatkan performa natural yang sama seperti pomade oil based.

b. Pomade oil based atau pomade yang berbahan dasar minyak. Pomade jenis ini mampu bertahan dalam waktu lama di rambut ketika sudah diaplikasikan. Pomade oil based lebih slick dan memberikan efek lebih mengkilap pada rambut.

4. Krim rambut
Krim rambut atau hair cream adalah emulsi yang mengandung setting agent yang dapat mempengaruhui daya set pada rambut kamu. Cream rambut mampu memberikan efek berkilau pada rambut berkat kandungan minyaknya.

Tidak jarang krim rambut yang beredar di pasaran saat ini telah dilengkapi bahan tambahan seperti chamomile, aloevera, minyak zaitun, dan sebagaianya.

Jika rambut kamu memilki tipe tebal dan kasar, pilihlah minyak rambut bertekstur krim. Krim akan membuat rambut tampak lembut berkilau dan sehat.

5. Hairspray
Hairspray mengandung styling agent yang mampu membuat dan memperthankan tatanan rambut dengan kuat.

Secara umum hairspray dibuat dengan bahan yang mengandung polimer dan alkohol, hampir sama dengan yang terdapat pada cat namun bahan hairspray sangat aman, cepat kering, dan fleksibel.

Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hairspray karena terdapat kandungan bahan kimi yang dapat berpengaruh pada kesehatan rambut.

Gunakanlah di saat-saat tertentu saja untuk hairstyling rambut seperti ketika hendak menghadiri acara penting dan sebagainya.

Sumber: Pomadewarna.com