Wisata Raja Ampat Kawasan Amazon Lautan Dunia

97 views

Raja Ampat adalah salah satu kepulauan di Indonesia yang terletak di Kabupaten Provinsi di Papua Barat,Indonesia. Dan Ibukota dari kabupaten ini terletak di Wasai. Kabupaten ini memiliki pulau sebanyak 610 pulau. Dan salah satu pulau yang terkenal adalah Pulau Raja Ampat ini. Pulau Raja Ampat termasuk pulau besar. Selain dari Pulau Raja Ampat,pulau besar lain di pulau ini ada pulau Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta dan Pulau Waigeo,mereka merupakan pulau-pulau besar. Ternyata, dari sekian banyak pulau yang ada di kabupaten ini, hanya 35 pulau yang berpenghuni bahkan sebagian besar dari pulau ini masih belum memilki nama.

Raja ampat jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya “Empat Raja”, yaitu empat orang raja yang menguasai empat kerajaan yang ada di wilayah tersebut, seperti: Waigeo, Misool, Salawati, and Batanta. Nama Raja Ampat itu sendiri diambil dari legenda yang ada di daerah tersebut. Di dalam legenda tersebut diceritakan bahwa pada zaman dahulu ada sepasang suami-istri yang tidak sengaja menemukan 6 buah telur naga di tepi sungai Waikeo. Karena di saat itu mereka lapar, mereka pun berniat untuk memasak enak butir telur tesebut. Namun, ketika hendak dimasak, lima dari keenam telur tersebut berubah menjadi 5 bayi manusia. 4 dari bayi tersebut berjenis kelamin perempuan dan satu lagi berjenis kelamin laki-laki. Sepasang suami istri tersebut kemudia diberi nama War, Betani, Dohar, dan Muhammad. Sementara yang perempuan diberi nama Pintolee.

Kepulauan Raja Ampat adalah wisata yang terletak di Provinsi Barat. Kepulauan ini menjadi salah satu wisata yang paling diminati wisatawan karena kecantikan alamnya yang sungguh menawan. Pulau satu ini sangat menarik para wisatawan .Terlebih lagi, Avant Premiere telah membuat sebuah film documenter yang berjudul “Edis Paradise 3”. Film ini menceritakan tentang keindahan alam bawah laut Raja Ampat. Pulau satu ini dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia karena letaknya yang berada dipusat segitiga karang dunia. Pulau yang dikenal dengan keelokan alamnya ini bahkan sudah terdengar di berbagai belahan di dunia.

Raja Ampat menjadi sangat diminati karena selain dari legendanya yang menarik, pulau ini adalah surge untuk para penyelam. Beberapa tempat diving spot yang terkenal di Raja Ampat misalnya Manta Point, Mike’s Point, Sardine Reef dan Shark Point. Masing-masing point memiliki keistimewaan sendiri. Masing-masing point tersebut memiliki keistimewaannya masing- masing. Misalnya saja di Manta point, kita bisa dengan mudah menemukan ikan jenis Manta dengan diameter 9 meter hilir mudik di sekitar kita. Di sekitar Kepulauan Kaboei Bay Rock kita juga bisa melihat sebuah teluk yang di bawahnya terdapat sebuah terowongan batu karang. Di Kaboei Bay Rock juga terdapat gua-gua karang yang dihuni oleh kelelawar, dan di beberapa tempat ditemukan sisa-sisa tulang manusia.

Tidak hanya itu, kepulauan Raja Ampat juga menyimpan terumbu karang yang masih hidup. Terumbu karang Raja Ampat merupakan surganya terumbu karang. Beberapa kawasan terumbu karang yang kondisinya masih sangat baik yaitu di selat Dampier (selat yang memisahkan Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%. Karena keunikan serta kealamianya, pulau Raja Ampat saat ini sangat diminati para wisatawan di bebagai belahan dunia. Nah, bagi anda yang ingin melihat pesona keindahan alam raja ampat bisa menghubungi penyedia raja ampat holidays untuk kesini.