Tip Mengendalikan Rayap dengan Jitu

89 views

Tip Mengendalikan Rayap dengan Jitu

keberadaan rayap di rumah merupakan mimpi buruk bagi tiap pemilik rumah. sayangnya masalah ini umum dijumpai di indonesia karena udara yang lengas dan penggunaan kayu di rumah baik sebagai kerangka bangunan maupun bahan perangkat. anda sebaiknya mengecek secara rutin barang-barang berbahan kayu di rumah untuk mengetahui eksistensi rayap. cari paham cara mengatasi rayap oleh bahan alami jikalau persoalan rayap belum terlalu serius. basmi rayap segera seperti itu anda menemukannya, jangan menundanya!

cara menghilangkan rayap
strategi awal untuk membasmi rayap adalah mencari sarangnya. jenis rayap yang kerap dijumpai di indonesia adalah rayap pemakan kayu yang sering bersarang di barang-barang berbahan kayu di rumah. rayap senang bersarang di tempat melempem seperti area di kolong tempat cuci piring di dapur dan kerangka pintu yang berbatasan atas lantai yang melempem. tanda-tanda kehadiran rayap untuk menggunakan jasa anti rayap:

radas kayu terasa keropos, kopong, dan pohu saat diketuk-ketuk.
kotoran serupa abuk kayu di kurang lebih kerangkan pintu/jendela dan di dekat perkakas atau di dalam lemari kayu

jikalau mendeteksi rayap di rumah, berikut ini beberapa cara membasmi rayap bersama materi bebas racun:

bantau kardus. ambil selembar kardus impresi, tetesi atas sedikit air hingga lembap dan gulung sama pipa. kardus melempem mengedarkan bau spesial kayu yang mengeluarkan rayap. taruh di dekat tanda-tanda keberadaan rayap. setelah rayap terkumpul di dalam bantau, angkat siasat tersebut ke luar rumah dan bakar. buat muslihat baru hingga rayap teratasi.
jemur di matahari. cara ini sanggup digunakan bila rayap ditemukan di alat yang mudah diangkat saja. keluarkan perkakas yang diserang rayap, jemur di bawah terik matahari selama dua hingga tiga hari.
minyak neem dan minyak jeruk. ini merupakan salah satu cara membasmi rayap di lemari yang aman karena bebas racun. materi ini aman untuk digunakan di dalam lemari makanan atau kabinet instrumen dapur. kandungan d-limonene di dalam minyak jeruk akan menangkal rayap kala bersangkutan langsung, demikian pula dengan minyak neem yang merupakan pestisida alami. rayap akan berhenti menggerogoti kayu dan tidak bertelur lagi seusai bersenggolan bersama minyak ini sehingga total rayap akan turun ekstrem. caranya, teteskan minyak pada kabu-kabu dan usapkan pada lemari atau gawai. ulangi seminggu sekali jika mesti.
diatomaceous earth. materi yang mampu dibeli di toko perangkat berkebun ini disebut pun tanah diatom dan merupakan rival alami rayap karena bahan ini mengikis lapisan luar rayap dan menyebabkan dehidrasi. taburkan tipis-tipis di area tempat rayap ditemukan atau di area luar rumah untuk mencegah rayap masuk. taburkan juga di tingkat untuk mencegah rayap menyantap kerangka atap. tetapkan tanah diatom tetap kering.
asam dan perasan jeruk lemon. gabungan kedua materi dapur ini pula merupakan cara menghilangkan rayap bebas racun. peras dua buah sitrus lemon dan campurkan perasannya bersama sebelah cawan cuka belanda. masukkan ke botol bentakan dan semprotkan ke area yang diserang rayap. ulangi hingga rayap hilang.
beberapa cara di atas cukup efisien untuk masalah rayap yang belum terlalu akut, tapi cara mengusir rayap dengan materi kimia dengan bantuan jasa profesional kadang diperlukan untuk mengatasi permasalahan rayap yang akut.

perilaku:

kasta pelaku mendominasi rakyat protektorat, mereka tidak bersayap, steril dan awam. tugas utama mereka adalah membuat sangkar, mengendalikan telur dan rayap muda, dan mencari makanan. mereka pula memasok makan kasta lainnya tetapi tidak mampu mengasih makan diri pribadi.

kasta tentara juga tidak bersayap, steril dan pilong. ada 2 tipe yaitu mandibulate memiliki rahang menonjol dan nasute memiliki hidung. fungsi utamanya adalah menciptakan pertahanan dan rahang bawahnya dapat diubah sehingga mereka tidak sanggup makan individual.

kasta pembiakan memiliki mata, prosedur pembiakan dan bersayap. di negara tropical, ketika merayap (meninggalkan protektorat) biasanya dimulai seusai hujan di sepanjang tunggang gunung. sehabis berkerumun (kadang disebut nuptial atau mating flight), mereka mencari tempat yang tepat untuk membentuk kekuasaan baru. sang raja dapat bersalin bentuk sedangkan perut sang suri akan menjadi sangat besar dipenuhi atas telur.
penyebaran:

lebih dari 170 spesies rayap yang ada di seluruh mayapada.

habitat:

rayap tanah menyukai tanah dan berat membuat pangkalan di dalam tanah. beberapa spesies pun bisa menciptakan gundukan di atas tanah (macrotermes & globitermites). pemukiman dewasa mungkin dapat dihitung lebih dari 4 juta individu. untuk beberapa spesies, sang suri dapat bertelur lebih dari 2000 telur per hari. pemukiman rayap dapat bertahan selama 50 tahun.

resiko:

pengacau yang tidak kelihatan, mereka dapat menimbulkan keburukan keras pada susunan konstruksi dan signifikan pada tanaman. keterampilan untuk menyembunyikan diri pribadi mengasih periode untuk menjalankan kehancuran sebelum mereka ditemukan.