Musik Dangdut di Era Modern

172 views

Musik Dangdut merupakan salah satu jenis musik yang sangat diminati oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia. Dapat di bilang bahwa dangdut merupakan musik khas yang hanya dimiliki oleh Indonesia. Nama dangdut diambil dari bunyi khas sebuah gendang. Gendang merupakan alat musik yang terbuat dari kulit hewan dengan rangka kayu. Gendang ini dimainkan dengan cara dipukul dan akan mengeluarkan bunyi Dang atau Dut.

Musik Dangdut

Tidak banyak orang yang tahu bahwa musik dangdut berasal dari musik melayu yang telah mengalami perubahan seiring dengan pengaruh beberapa jenis musik yang lainnya baik itu musik asli Indonesia ataupun musik dari mancanegara. Dengan pengaruh beberapa jenis musik tersebut melahirkan berbagai aliran musik baru pada musik dangdut yang populer dieranya masing-masing.

Pada era modern saat ini musik dangdut didominasi oleh dangdut koplo. Dangdut koplo berhasil mencapai puncak kejayaannya setelah beberapa waktu lalu didominasi oleh disko dangdut. Disko dangdut mengusung aliran disco pada musik dangdut. Salah satu judul lagu yang terkenal pada aliran ini adalah kumbang-kumbang di taman yang dipopulerkan oleh Ratna Anjali. Jenis musik dangdut lainnya yang mendominasi sebelum Dangdut koplo adalah congdut atau keroncong dangdut. Musik dangdut yang satu ini merupakan kombinasi dari keroncong dan dangdut. Pada jenis dangdut ini biasanya digunakan lirik lagu populer dari keroncong yang hendak di hits-kan lagi dengan aransemen baru bernuansa dangdut. Penyanyi yang mempopulerkan musik congdut ini adalah Rama Aiphama.

Untuk saat ini dangdut koplo merajai dan mendominasi musik dan lagu dangdut di Indonesia. Lirik lagu dangdut pada lagu jenis ini dapat menggunakan lirik lagu terbaru ataupun lagu pernah populer di masa lalu. Dangdut koplo pertama kali hadir dipopulerkan oleh Inul Daratista, seorang musisi daerah yang berasal dari Jawa Timur. Sebenarnya dangdut koplo merupakan perpaduan antara musik dangdut dengan musik Jawa Timuran yang sangat nge-beat dengan tempo yang cukup cepat. Energik merupakan karekter yang dimiliki oleh jenis musik yang satu ini, selain dari itu ciri khas yang dimiliki oleh jenis musik yang satu ini adalah adanya pukulan kendang dengan nada yang tidak biasa ketukannya cukup variatif dan membangkitkan semangat.

Sebenarnya pada awal kemunculannya dangdut koplo sempat menjadi polemik, hal ini dikarenakan musisi yang menyanyikan lagu ini hadir dengan goyangan yang dinilai kurang sopan dan menjurus ke daerah erotis. Protes keras justru datang dari musisi dangdut senior yang dijuluki dengan raja dangdut yaitu Rhoma Irama. Bahkan sebagai bentuk protesnya Rhoma Irama melarang seluruh lagu ciptaannya dinyanyikan oleh musisi atau artis yang mengusung tema dangdut koplo. Namun seiring dengan berjalanya waktu musisi yang mengusung dangdut koplo ini dapat mengubah cara penampilannya di atas panggung.