5 Manfaat Minyak Zaitun dan Efek Sampingnya

135 views

 

Di Indonesia, minyak zaitun telah sreing digunakan sebagai salah satu bahan dasar untuk diet sehat. Minyak zaitun berasal dari daerah mediterania yang diektrak langsung dari tumbuhan zaitun.

Minyak yang mempunyai nama ilmiah Olea Europaea L. ini mempunyai senyawa asam oleic yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Seperti yang diketahui banyak orang, khasiat minyak zaitun yang paling utama adalah untuk kecantikan, karena berguna untuk melembabkan kulit, wajah, dan rambut.

5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun

  • Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan karena dapat berujung kepada penyakit stroke. Menambahkan satu sendok minyak zaitun ke dalam diet Anda setiap harinya dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan menurunkannya dengan cepat.

Jangka waktu mengkonsumsinya adalah selama 4 bulan, dan sebaiknya dilakukan dengan instruksi dokter.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Sebuah ilmuwan mengatakan bahwa manfaat minyak zaitun berikutnya adalah dapat menurunkan risiko mengidap penyakit kanker. Kanker paling utama yang dapat diturunkan risikonya adalah kanker payudara.

Caranya cukup mudah, cukup mengkonsumsi satu sendok makan minyak zaitun setiap 3 hari sekali maka ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

  • Kondisioner Rambut Alami

Apakah rambut Anda kering, lepek, dan bercabang? Tidak usah bayar mahal di salon, cukup menggunakan minyak zaitun.

Cara menggunakannya juga sangatlah mudah! Sebelum mulai, pastikan Anda sudah membahasi kepala dengan air bersih, setelah itu oleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala. Berikan pijatan-pijatan lembut agar gizinya bisa meresap ke dalam kulit kepala. Setelah itu biarkan sebelum 10 menit sebelum dibilas.

Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan madu dan kuning telur untuk meningkatkan khasiatnya.

  • Kolesterol Baik

Minyak zaitun memberikan kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Oleh karena itu Anda dapat menghilangkan koleterol jahat dalam tubuh dengan menambahkannya ke dalam diet harian.

  • Mencegah Penyakit Stroke

Seperti yang diungkapkan di atas, manfaat minyak zaitun juga dapat dirasakan dalam mencegah penyakit stroke. Hal ini dikarenakan ia dapat melancarkan peredaran darah yang sangat baik untuk kesehatan.

Penyakit stroke terjadi karena penggumpalan darah yang menyebabkan oksigen tidak sampai ke otak.

Efek Samping Minyak Zaitun

Tetapi perlu diketahui juga karena tanaman herbal ini tidak datang tanpa efek samping. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Berdampak Pada Gula Darah

Mengkonsumsi minyak zaitun secara berlebih dapat memiliki efek negatif kepada gula darah dan berujung kepada penurunan gula darah, oleh karena itu tidak dianjurkan untuk pasien yang mau melakukan operasi atau ibu haml.

  • Tidak Cocok Untuk Kulit Berminyak

Bagi Anda yang ingin melakukan terapi minyak zaitun, sebaiknya berhati-hati dan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Karena jika salah maka akan membuat kulit Anda penuh dengan jerawat dan komedo.

Begitulah beberapa manfaat minyak zaitun dan efek sampingnya.