Nikmatnya Kopi Toraja Berkualiatas Dunia

125 views

Saat wisata ke Tana Toraja memang belum lengkap jika tidak membawa buah tangan dari tempat wisata yang terkenal di penjuru Indonesia. Pastinya kita akan mencari oleh – oleh khas dari daerah tersebut. Memang daerah wisata yang masih sangat kental dengan adat istiadat yang cukup unik jika dilihat. Bagi kalian pecinta kopi pasti tidak ingin meninggalkan tempat tersebut tanpa membawa kopi Toraja. Kopi yang merupaka favorit para pecinta kopi ini sering dicari saat wisatawan berkunjung ditanah Toraja. Jenis kopi yang mempunyai nama lain Celeber Kalosi ini merupakan kopi yang memiliki kandungan asam yang rendah. Jadi walaupun kopi arabica, kopi Toraja tidak terlalu berakibat fatal bagi asam lambung. Nah, kali ini akan sedikit kita bahas tentang kopi Toraja. Berikut penjelasannya,

1. Sejarah Kopi Toraja - kopi yang berada di daerah pengunungan Sulawesi ini memiliki cita rasa yang cukup unik. Hal tersebut dipengaruhi karena daerah Toraja juga termasuk penghasil rempah yang baik, sehingga mempengaruhi cita rasa dari kopi. Jika kalian berminat untuk melihat kebun kopi, kalian bisa berkunjung berkunjung ke daerah pegunungan Toraja yang sejak masa penjajahan Belanda sudah menjadi penghasil rempah dan kopi. Jika ingin melihat pengumpulan biji kopi kalian bisa datang ke daerah desa kecil yang bernama Sapan. Di daerah tersebut akan dijumpai banyak pengepul kopi.

2. Kelebihan Kopi Toraja – ciri paling utama dari kopi ini adalah aroma yang harum khas. Dengan kesuburan tanah pegunungan Toraja yang menghasilkan kopi dan rempah yang sangat subuh. Maka dari itu kopi Toraja lebih berbau harum dan memiliki ciri khas dari jenis kopi lainnya. hingga pada saat ini kopi dari Toraja sudah di ekspor hingga luar negeri. Para penikmat kopi bisa merasakan aroma dari kopi ini dari mulai saat menyeduhnya saja. Aroma harum dari kopi akan tercium berbeda dengan aroma kopi lain.

Maka jika kalian berkunjung ke Toraja jangan lupa untuk membeli oleh – oleh berupa kopi Toraja. Karena pasti akan membuat kita para penikmat kopi akan merasa nyaman pada kopi yang kita seduh. Secara tidak langsung aroma dari rempah sedikit keluar dari kopi ini. Seperti jenis kopi yang ada di bali. Karena di sekitar tanaman kopi terdapat tanaman jeruk yang banyak, maka kopi dari bali sedikit beraroma jeruk. Sama halnya seperti kopi dari Toraja, karena banyak sekali rempah yang ada di sekitar Toraja. Maka kopi dari Toraja berbau harum seperti rempah – rempah. Selamat mencoba untuk kenikmatan dan cita rasa kopi yang berasal dasi sulawesi bagian selatan. Karena menjadi warga Indonesia yang baik adalah mencintai produk dalam negeri yang tentunya sudah berkualitas Internasional.